Jumat, 24 November 2017

Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Pria Perlu Diwaspadai

ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria

Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Sebagian besar ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria disebabkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coli (E. Coli), yang secara alami ada ditubuh Anda. Bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra.

Uretra adalah tabung yang mengalirkan air kencing dari kandung kemih melalui penis. Infeksi saluran kemih (ISK) lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria karena uretra mereka lebih pendek dan bakteri perlu menempuh jarak yang lebih pendek untuk mencapai kandung kemih terlebih lagi apabila mengidap penyakit kulup panjang.

Berikut dibawah ini beberapa infeksi saluran kemih, antara lain:
  1. Infeksi saluran kemih (ISK) pada pria adalah infeksi yang terjadi didalam sistem saluran kemih, yang terdiri dari uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal, serta prostat dan testis.
  2. Infeksi ini dinamai sesuai lokasi disaluran kemih.
  3. Infeksi saluran kemih (ISK) umumnya disebabkan oleh mikroba, seperti bakteri. Pria mengalami penurunan risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK) daripada wanita, karena struktur anatomis sistem kemih pria.
  4. Infeksi dapat terjadi lebih sering dengan bertambahnya usia, karena penyumbatan disaluran kemih, memiliki kateter kandung kemih, atau dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  5. Tanda dan gejala infeksi saluran kemih (ISK) pada pria termasuk demam, sering buang air kecil (kencing), dan sensasi terbakar saat buang air kecil. Diagnosis untuk kondisi ini dapat mencakup pemeriksaan fisik lengkap dengan tes urine dan darah.
  6. Infeksi saluran kemih (ISK) pada pria biasanya diobati dengan antibiotik (bila infeksi disebabkan oleh bakteri), yang dapat menghasilkan hasil positif dalam 48 jam.
  7. Namun, komplikasi berat bisa terjadi jka kondisinya tidak diobati seperti penyebaran infeksi ke ginjal ke aliran darah.
Penyebab Atau Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Pria
ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria
Ciri-ciri infeksi saluran kemih pada pria tidak mungkin seorang pria terkena infeksi saluran kemih (ISK) karena berhubungan seksual dengan wanita, karena infeksi biasnaya berasal dari bakteri yang sudah ada disaluran kemih pria.

Ciri-ciri infeksi saluran kemih (ISK) pada pria lebih sering terjadi pada usia yang lebih tua. Salah satu alasannya adalah bahwa pria yang lebih tua cenderung mengembangkan pembesaran kelenjar prostat non kanker, yang disebut hiperplasia prostat jinak.

Prostat membungkus leher kandung kemih, dimana uretra terhubung ke kandung kemih. Pembesaran kelenjar prostat bisa tersedak ke leher kandung kemih, sehingga membuat urine sulit mengalir dengan bebas. Jika kandung kemih tidak kosong sama sekali, bakteri yang biasanya keluar dengan air kencing bisa mendapatkan tempat.

Faktor lain yang dapat menyebabkan risiko dari ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria lebih besar, antara lain:
  1. Tidak minum cukup cairan
  2. Operasi saluran kemih baru-baru ini
  3. Diabetes
  4. Tidak disunat
  5. Inkontinensia tinja
  6. Terlibat dalam hubungan seks dubur, yang memperlihatkan uretra ke baktei yang lebih banyak

Gejala Dari Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Pria Cenderung Datang Tiba-Tiba

ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria
  1. Buang air kecil yang menyakitkan dan sensasi yang terbakar
  2. Perlu sering buang air kecil
  3. Urgensi kencing
  4. Nyeri diperut bagian bawah tepat diatas tulang kemaluan
  5. Darah di urine
Gejala dari infeksi saluran kemih pada pria yang melibatkan ginjal mencakup hal-hal berikut, selain yang sebelumnya:
  1. Rasa sakit disisi tubuh atau punggung tidak berubah saat mengubah posisi
  2. Demam dan menggigil
  3. Mual dan muntah
Gejala tertentu selain ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria memiliki infeksi prostat (prostatitis). Ini termasuk:
  1. Demam
  2. Panas dingin
  3. Kelelahan
  4. Kesulitan buang air kecil
  5. Nyeri pada  panggul atau daerah antara rektum dan skrotum (perineum)

Mendiagnosis Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria
Untuk mendiagnosis ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria, dokter klinik kulit akan memeriksa dan menanyakan gejala, termasuk riwayat infeksi saluran kemih (ISK) sebelumnya. Anda mungkin diminta untuk memberikan sampel urine untuk memeriksa apakah terdapat nanah atau bakteri.

Jika dokter menduga kelenjar prostat membesar, mereka mungkin akan melakukan pemeriksaan rektal digital, menggunakan jari tangan yang terbungkus sarung tangan untuk memeriksa kelenjar prostat dan dinding rektum.

Melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh pada pria yang mengalami keluhan genitourinaria. Fokus terutama pada tanda vital pasien, ginjal, kandung kemih, prostat dan genital eksternal. Pemeriksaannya meliputi:
  1. Demam
  2. Takikardia
  3. Flank pain
  4. Perut abdomen didaerah suprapubik
  5. Hematoma skrotum, hidrokel, massa, atau nyeri
  6. Penile meatal discharge
  7. Nyeri prostat
  8. Adenopati inguinal

Pengobatan Dari Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria
Antibiotik membantu melawan infeksi bakteri. Pengobatan dapat diberikan untuk mengurangi rasa sakit dan terbakar saat buang air kecil (kencing). Juga dapat membantu mengurangi perasaan sering buang air kecil (kencing) dan pengobatan ini akan membuat urine berubah warna menjadi oranye atau merah.

Karena infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri, biasnaya paling banyak diobati dengan antibiotik atau antimikroba. Jenis pengobatan dan lama pengobatan akan tergantung pada gejala dan riwayat kesehatan seseorang tersebut.

Pengobatan yang lengkap harus selalu dilakukan untuk infeksi saluran kemih (ISK) untuk memastikan bahwa infeksi benar-benar jelas, dan untuk mnegurangu risiko resistensi antibiotik.

Minum banyak cairan dan sering buang air kecil (kencing) selalu disarankan untuk orang yang menderita dengan ciri ciri infeksi saluran kemih pada pria khususnya karena ini membantu membersihkan bakteri.

Berbagai pengobatan pereda nyeri mungkin diresepkan untuk mengurangi rasa sakit. Dengan menempelkan alat pemanas ke bagian belakang atau perut juga bisa membnatu meringankan rasa sakit. Infeksi saluran kemih (ISK) yang tidak rumit adalah infeksi yang terjadi pada orang sehat dengan saluran kemih normal.


Ini biasnaya dapat disembuhkan dengan 2 sampai 3 hari pengobatan. Infeksi saluran kemih (ISK) yang rumit adalah salah satu yang terjadi pada orang yang kondisinya lemah seperti kehamilan atau transplantasi jantung.

Infeksi saluran kemih (ISK) yang rumit cenderung memerlukan pengobatan yang lebih lama, biasnaya antara 7 sampai 14 hari.

Untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih (ISK) yang disebabkan oleh maslaah dalam sistem saluran kemih, masalah mendasar perlu ditemukan dan diperbaiki. Jika tidak diobati, infeksi ini bisa menyebabkan karusakan ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar