Rabu, 22 November 2017

Penyebab Kutil Kelamin Pada Wanita Dewasa Yang Berbahaya

penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa

Penyebab Kutil Kelamin Pada Wanita Dewasa

Penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa atau dalam bahasa medis condyloma acuminata atau genital warts adalah infeksi menular seksual (IMS) yang menyebabkan pertumbuhan kecil, berwarna merah muda di labia, pada saat pembukaan vagina, atau sekitar dalam anus.

Meskipun kutil kelamin mempengaruhi kedua jenis kelamin, tapi lebih banyak wanita daripada pria yang didiagnosis dengan penyakit kutil kelamin atau condyloma acuminata (genital warts). Adapun penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa disebabkan oleh infeksi dengan subkelompok human papillomavirus (HPV).

Subkelompok lain dari human papillomavirus (HPV) yang  menginfeksi saluran anogenital dapat menyebabkan perubahan prakanker pada serviks (leher rahim) dan menyebabkan kanker serviks (leher rahim).

Infeksi human papillomavirus (HPV) sekarang dianggap sebagai infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum (penyakit menular seksual/ PMS, STD) di amerika serikat, dan diyakini bahwa setidaknya 75% dari populasi usia reproduksi telah terinfeksi penyakit menular seksual human papillomavirus (HPV) pada beberapa titik dalam kehidupan manusia.


Infeksi human papillomavirus (HPV) biasa terjadi dan biasanya tidak menyebabkan perkembangan penyebab kutil kelamin, kanker, atau bahkan gejalanya. Infeksi human papillomavirus (HPV) pada saluran genital ditularkan melalui hubungan seksual, menderita penyakit kulup panjang meski transmisi non-seksual juga memungkinkan.

Dalam banyak kasus, penyebab kutil kelamin tidak menimbulkan gejala apapun, namun kadang kala dikaitkan dengan gatal, terbakar, atau nyeri. Penggunaan kondom nampaknya mengurangi risiko penularan human papillomavirus (HPV) selama aktivitas seksual namun tidak sepenuhnya mencegah infeksi human papillomavirus (HPV).

Penyebab-Penyebab Kutil Kelamin Pada Wanita Dewasa

penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa
Penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis human papillomavirus (HPV) yang berbeda, yang dapat menyebabkan berbagai jenis masalah.

Human papillomavirus (HPV) tipe 6 dan 11 adalah penyebab utama kutil kelamin, dan tipe 16 dan 18 adalah penyebab utama kanker serviks (leher rahim). Human papillomavirus (HPV) menyebar melalui kontak langsung kulit ke kulit, termasuk hubungan seksual, seks oral, seks anal, atau kontak lain yang melibatkan area genital.

Tidak mungkin terinfeksi human papillomavirus (HPV) dengan menyentuh toilet. Kebanyakan orang dengan virus yang tidak memiliki kutil yang terlihat, namun masih bisa menularkan virus. Mengobati kutil kelamin mungkin tidak mengurangi kemungkinan penyebaran virus sama halnya dengan penyakit menular seksual gonore.


Karena itu, semua orang yang aktif secara seksual harus dianggap sebagai sumber potensial human papillomavirus (HPV), tidak hanya dengan kutil yang terlihat. Kutil mungkin muncul beberapa minggu sampai satu tahun atau lebih setelah terpapar virus, biasanya tidak mungkin untuk mengetahui kapan atau bagaimana Anda terinfeksi.

Diagnosa Penyebab Kutil Kelamin Pada Wanita Dewasa

penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa
Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap area dimana adanya penyebab kutil kelamin atau kondolima akuminata pada wanita dewasa. Karena kutil kelamin bisa berada jauh di dalam tubuh wanita, dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan panggul.

Seorang dokter juga dapat melakukan tes pap smear, yang melibatkan pengambilan swab untuk mendapatkan sel dari serviks (leher rahim). Ini kemudian bisa diuji keberadaan human papillomavirus (HPV). Beberapa jenis human papillomavirus (HPV) tertentu dapat menyebabkan hasil yang abnormal pada pap smear.

Jika dokter mendeteksi kelainan ini, Anda mungkin perlu pemeriksaan yang lebih sering untuk memantau setiap perubahan. Dokter juga akan bertanya tentang kesehatan dan riwayat seksual Anda. Ini termasuk gejala yang pernah Anda alami dan setiap kali Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom, termasuk seks oral.

  1. Tes Pap Smear
    • Bagi wanita, penting untuk menjalani pemeriksaan panggul dan tes pap smear secara rutin, yang dapat membantu mendeteksi perubahan vagina dan serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh kutil kelamin atau tanda awal kanker serviks (leher rahim), kemungkinan komplikasi infeksi human papillomavirus (HPV) genital.
    • Selama tes pap smear, dokter akan menggunakan alat yang disebut spekulum untuk membuka vagina. Lalu kemudian akan menggunakan alat yang telah lama ditangani untuk mengumpulkan sampel sel kecil dari serviks (leher rahim), bagian antara vagina dan rahim. Sel diperiksa dengan mikroskop untuk pemeriksaan lainnya.
  2. Tes HPV/ human papillomavirus
    • Hanya beberapa jenis dari human papillomavirus (HPV) genital telah dikaitkan dengan kanker serviks (leher rahim). Contoh sel selviks (leher rahim), yang diambil selama tes pap smear, dapat diuji untuk strain human papillomavirus (HPV) penyebab kanker ini.
    • Tes ini umumnya diperuntukkan bagi wanita usia 30 tahun ke atas. Ini tidak berguna bagi wanita muda karena sistem kekebalan tubuh mereka biasnaya dapat membunuh gen human papillomavirus (HPV) genital penyebab kanker sekalipun tanpa pengobatan.

Pengobatan Untuk Penyebab Kutil Kelamin Pada Wanita Dewasa

penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa
Jika kutil kelamin tidak menyebabkan ketidaknyamanan, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan. Tapi jika gejalanya meliputi gatal, terbakar dan nyeri, atau jika penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa yang terlihat menyebabkan tekanan emosional, dokter dapat membantu dalam membersihkan virus dengan obat atau operasi.

Dokter klinik kulit hanya akan merawat pasien yang memiliki kutil kelamin yang terlihat. Dan jenis pengobatannya tergantung pada: lokasi kutil kelamin, jumlah kutil kelamin, dan munculnya kutil kelamin. Perawatan berikut ini efektif untuk menghilangkan kutil kelamin:
  1. Pengobatan topikal
    • Krim atau cairan dioleskan langsung ke kutil kelamin selama beberapa hari setiap minggu, dan pengobatan bisa berlanjut selama beberapa minggu.
  2. Cryotherapy
    • Kutil dibekukan, proses pembekuan menyebabkan luka melepuh disekitar kutil. Dan saat kutil sembuh, biarkan kulit baru muncul, tapi terkadang dibutuhkan perawatan berulang.
  3. Elektrokauter
    • Arus listrik digunakan untuk menghancurkan kutil kelamin, umumnya dengan anestesi lokal.
  4. Pembedahan
    • Kutil kelamin dipotong, anestesi lokal akan digunakan.
  5. Perawatan laser
    • Sinar cahaya yang intensif menghancurkan kutil kelamin, sudah umum bagi dokter untuk menggunakan lebih dari satu perawatan pada saat bersamaan.
Perawatan tidak menyakitkan namun terkadang menimbulkan rasa sakit dan iritasi hingga 2 hari. Orang yang mengalami ketidaknyamanan setelah perawatan dapat menggunakan pengobatan yang dapat menghilangkan rasa sakit.


Orang yang mengalami rasa sakit mungkin mendapati bahwa mandi air hangat membantu meredakan ketidaknyamanan. Setelah mandi, area yang terkena harus dikeringkan sepenuhnya. Penyebab kutil kelamin pada wanita dewasa umumnya akan sembuh tanoa pengobatan, namun beberapa presentasi kutil kelamin tumbuh dan berkembang biak jika dibiarkan saja.

0 komentar:

Posting Komentar